167.065 Hektar Lahan Kritis di Babel Akibat Tambang Ilegal, 16 Ribu Hektar Dipulihkan Tahun 2023

- 18 Januari 2024, 16:03 WIB
Pj Gubernur Babel Safrizal Zakaria Ali ketika Penanaman Pohon Serentak yang dilaksanakan Kodam II Sriwijya di Desa Terak, Kabupaten Bangka Tengah.
Pj Gubernur Babel Safrizal Zakaria Ali ketika Penanaman Pohon Serentak yang dilaksanakan Kodam II Sriwijya di Desa Terak, Kabupaten Bangka Tengah. /Ist/ Diskominfo Babel/

MataBangka.com - Lahan kritis akibat aktifitas tambang ilegal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencapai 167.065 hektar, tentunya untuk memulihkan kondisi tersebut diperlukan kerjasama berbagai pihak supaya bisa kembali kelestariannya. 

Demkian diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Safrizal Zakaria Ali dalam kegiatan penanaman pohon serentak di Desa Terak, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), pada Kamis, 18 Januari 2024.

"Mari terus mendorong gerakan menanam pohon berkesinambungan di Bumi Serumpun Sebalai. Hal tersebut sangat penting, dalam upaya rehabilitasi lahan kritis dan pelestarian hutan di daerah ini," ungkap Safrizal. 

Safrizal sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Kodam II/ Sriwijaya ini, karena baginya hal ini bisa menjadi pemantik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memulihkan hutan dan lahan, guna penyelamatan sumberdaya air serta produktivitas lahan.

Menurutnya tidak ada upaya lain dalam memulihkan lahan kritis, selain dengan menanam secara konsisten setiap waktunya, baik itu tanaman pohon maupun hortikultura sehingga lahan tetap produktif.

"Namun, selain menjadikan lahan kritis menjadi hijau kembali, kita juga harus menghentikan aktivitas para penambang ilegal yang membuat lahan hijau menjadi kritis," jelasnya.

Safrizal juga menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel pada tahun 2023 telah berhasil memulihkan 16 ribu hektar lahan kritis, dirinya berharap pada tahun ini hal yang sama bisa dilakukan melalui program gerakan Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel).

"Nanti sekitar bulan Juni 2024 mendatang, kita akan melakukan penanaman satu juta pohon. Itu akan dilakukan bersama-sama dengan melibatkan seluruh stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat di Babel," terangnya.

Sementara itu, Danrem 045/ Garuda Jaya, Brigjen Agustinus Dedy Prasetyo, mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman pohon buah-buahan ini serentak dilakukan di wilayah Kodam II/ Sriwijaya atas inisiasi Panglima Kodam II/ Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil.

Halaman:

Editor: Dwi Haryoto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x