Stok Beras di Belitung Aman Hingga Akhir Tahun, Pj Gubernur Bangka Belitung Ajak Warga Beli Beras Bulog

- 14 Oktober 2023, 14:40 WIB
Pj Gubernur Bangka Belitung bersama forkopimda melakukan sidak ke salah satu distributor di Pulau Belitung.
Pj Gubernur Bangka Belitung bersama forkopimda melakukan sidak ke salah satu distributor di Pulau Belitung. /Ist/ Diskominfo Babel /

MataBangka.com - Stok beras di Pulau Belitung hingga akhir tahun mendatang dinyatakan aman oleh pemerintah daerah (Pemda) setempat, hal ini diketahui setelah dilakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah distributor dan pedagang oleh forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Hal ini diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, usai memimpin langsung sidak ke sejumlah distributor beras dan pasar tradisional di Kabupaten Belitung, pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

"Setelah dicek, kami pastikan stok beras disini (Belitung, red) cukup hingga akhir tahun, sehingga masyarakat tidak perlu panik," kata Pj Gubernur Suganda. 

Lanjutnya sidak yang dilakukan merupakan tindaklanjut dari hasil rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), sebagai salah satu upaya pemda guna mengetahui harga dan stok pangan. 

"Kehadiran kami bersama tim TPID ini untuk memastikan stok pangan di Belitung tercukupi," ungkap Suganda.

"Hal itu supaya tidak berdampak terhadap inflasi dan kemampuan daya beli masyarakat," ujarnya.

Kepada para distributor, Pj Gubernur Suganda berpesan untuk tetap mendistribusikan beras secara normal kepada masyarakat Belitung. 

"Jangan ada penimbunan yang menimbulkan gejolak harga," himbaunya. 

Selain melakukan sidak, Pj Gubernur Suganda juga memberikan surat edaran (SE) terkait harga komoditi beras di Kepulauan Babel, dimana harga jual beras premium untuk Pulau Bangka sebesar Rp14.100 per kilogram dan Pulau Belitung Rp14.400 per kilogram. Sementara untuk beras medium di Pulau Bangka dibanderol Rp13.300 per kg, dan beras medium untuk Pulau Belitung Rp 13.100 per kilogram. 

Halaman:

Editor: Dwi Haryoto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah