Mendukung Kemandirian Petani, PT Timah Tbk Bantu Modal Petani Lewat Program PUMK

- 16 Oktober 2023, 17:02 WIB
Petani cabai
Petani cabai /ist/

MataBangka.com – PT Timah Tbk berkomitmen untuk mendukung sektor pertanian di wilayah operasional perusahaan. Dukungan yang diberikan PT Timah Tbk melalui program pemberdayaan masyarakat maupun melalui Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK).

Membantu sektor pertanian juga menjadi salah satu upaya PT Timah Tbk untuk mendukung kemandirian pangan di wilayah operasional perusahaan.

Tidak hanya mendukung sarana dan prasarana pertanian bagi kelompok tani, PT Timah Tbk juga mendukung permodalan bagi kelompok tani melalui program PUMK. Pelaku usaha pertanian juga kerap memanfaatkan program PUMK PT Timah Tbk untuk mengembangkan usaha mereka.

Salah satu mitra binaan PT Timah Tbk di sektor pertanian yang mendapatkan dukungan modal dari anggota holding industri pertambangan MIND ID seperti kelompok Tani Agro Jaya Kundur.

Diberitakan sebelumnya, Kelompok Tani Agro Jaya Kundur menanam berbagai jenis tanaman holtikultura untuk memenuhi kebutuhan sayur masyarakat. Namun mereka terkendala dalam hal permodalan untuk menjalankan usaha pertanian mereka.

"Sebagai Ketua Kelompok, saya mencoba mencari solusi untuk bertahan serta mengembangkan usaha ini. Alhamdulillah saya mendapatkan informasi dari sesama pedagang di pasar tentang program kemitraan dari PT Timah Tbk," kata ketua kelompok Agus Salim dikutip dari berita sebelumnya.

Agus Salim menceritakan, setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk kelompok mereka mulai berkembang. Apalagi saat ini permintaan pasar sudah mulai normal.

"Sejauh ini kelompok Tani Agro Jaya Kundur mampu memenuhi permintaan pasar. Semua berkat suntikan dana dari PT Timah melalui program kemitraannya. Sehingga kendala-kendala para anggota Tani Agro Jaya Kundur dapat teratasi," ucapnya.

Selain mendukung permodalan untuk pelaku usaha di sektor pertanian, PT Timah Tbk juga memberikan bantuan sarana dan prasarana bagi kelompok tani serta memberikan pelatihan.

Halaman:

Editor: Syahrizal Fatahillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x