Usaha Pilus Ikan Tenggiri Lisnawati Terus Berkembang Setelah Jadi Mitra Binaan PT Timah Tbk

- 23 September 2023, 18:33 WIB
Produk makanan ringan pilus ikan tenggiri dan pilus telur cumi brand "Ibu Lisna".
Produk makanan ringan pilus ikan tenggiri dan pilus telur cumi brand "Ibu Lisna". /ist/

MataBangka.com – PT Timah Tbk mendorong pelaku UMKM Pulau Belitung naik kelas melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) PT Timah Tbk.

Program PUMK PT Timah Tbk ini telah dirasakan manfaatnya oleh salah satu mitra binaan PT TimahTbk Lisnawati yang menjalankan usaha makanan ringan pilus ikan tenggiri dan pilus telur cumi dengan brand "Ibu Lisna".

Lisna memproduksi berbagai makanan ringan yang menjadi ciri khas Pulau Belitung, ia memproduksi cemilan ini di rumah produksi Jalan Madura, RT 07 RW 04 Desa Padang, Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Ia menceritakan, mulai merintis pembuatan pilus itu sudah sejak lama, bahkan pada tahun 2005 sudah memiliki izin seperti PIRT dan lainnya.

Sebelumnya, tidak ada brand dan label serta izin sehingga hanya dititip di toko kelontongan, karena tidak bisa masuk mini market di Belitung.

"Nah, tahun 2005 itu baru ada, dan sebelumnya banyak produk lain, tapi yang bertahan ada dua jenis produk olahan laut ini," katanya.

Menurut Lisna, produk pilus itu sangat langka di Belitung pada tahun 2005 ke atas, sehingga ia berupaya memasarkan produknya ke toko oleh-oleh yang ada di Belitung.

"Alhamdulillah hasilnya dapat membantu perekonomian keluarga kami, meskipun hanya ia sendiri yang membuatnya," jelasnya.

Lisna tidak menampik, selama perjalanan usaha itu banyak masalah dan kendala yang datang, namun berkat keteguhan hati dan tekad bisa bertahan hingga saat ini.

"Alhamdulillah, langganan saat ini ramai dan kadang-kadang ada yang tidak tercukupi, padahal memproduksi setiap hari," sebutnya.

Halaman:

Editor: Syahrizal Fatahillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x