Lewat Program TJSL, PT Timah Tbk Mendukung Kemandirian Ekonomi Masyarakat di Lingkar Tambang

- 18 Oktober 2023, 08:37 WIB
/

MataBangka.com – Mendukung dan menggerakkan ekonomi masyarakat di wilayah operasional merupakan salah satu komitmen PT Timah Tbk. Anggota holding industri pertambangan MIND ID melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) memberdayakan masyarakat di lingkar tambang.

Program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PT Timah Tbk mengadaptasi konsep tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau di dunia dikenal dengan istilah Sustainable Development Goals (SDGs). Selain itu, program CSR perusahaan diselarasakan dengan Enviromental, Social and Governance (ESG).

Program pemberdayaan yang dilakukan PT Timah Tbk untuk memberikan stimulus dalam menggerakkan ekonomi masyarakat, dengan harapan bisa membuka lapangan pekerjaan dan menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat di lingkar tambang.

PT Timah Tbk memberdayakan masyarakat dengan potensi desa yang dimiliki seperti budidaya siput isap yang dilaksanakan bersama Kelompok Nelayan Batu Tuan, Desa Sawang Laut, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun.

Emiten berkode TINS ini juga memberdayakan masyarakat di Pulau Setunak, Desa Tulang, Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun untuk mendukung kemandirian pangan masyarakat dengan melakukan budidaya kepiting bakau, melibatkan kelompok perempuan melaksanakan pertanian hidroponik.

PT Timah Tbk juga memberdayakan masyarakat adat mapur di Desa Deniang, Kabupaten Bangka. Selain untuk mendukung pelestarian adat, PT Timah Tbk juga melaksanakan pelatihan bagi masyarakat seperti pelatihan ecoprint dan pelatihan pemandu wisata untuk mendukung kawasan wisata Kampong Adat Gebong Memarong.

Selain itu, untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan, PT Timah Tbk juga kerap membantu sarana dan prasarana nelayan seperti membantu alat tangkap seperti mesin tempel, jaring dan pondok singgah nelayan.

TINS juga mendukung sektor UMKM di wilayah operasional perusahaan, melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK). Sebagaiamana diketahui UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat. PT Timah Tbk memberikan modal bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Halaman:

Editor: Syahrizal Fatahillah


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah