Dunia Pers Berduka, Tokoh Pers dan Perfilman Prof Salim Said Meninggal Dunia

- 19 Mei 2024, 12:13 WIB
Profil Prof Salim Said, Tokoh Pers dan Perfilman Nasional yang Meninggal Dunia, Pernah Jadi Duta Besar
Profil Prof Salim Said, Tokoh Pers dan Perfilman Nasional yang Meninggal Dunia, Pernah Jadi Duta Besar / ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

MataBangka.com - Dunia pers dan perfilman serta akademisi berduka, sosok pria yang juga menjadi Duta Besar Indonesia yakni Prof. Salim Said dikabarkan meninggal dunia. 

Mantan Duta Besar Indonesia di Ceko, sempat berkarir di dunia media sebelum dirinya memantapkan diri menjadi dosen dan pengamat militer.

Berdasarkan informasi, Salim Said meninggal di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, pada Sabtu 18 Mei 2024 pukul 19.33 WIB.

Hal ini dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty dalam pesan singkat yang diterima oleh wartawan.

Dalam pesan tersebut, pria yang pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Republik Ceko ini akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Redaksi Nomo 149, Kompleks Wartawan PWI, Cipinang, Jakarta Timur.

Menurut sumber, jasad almarhum akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Minggu 19 Mei 2024 siang. Ia meninggal di usia 80 tahun.

Profil Salim Said Salim Said kelahiran Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan pada 10 November 1943. 

Ia merupakan pengamat sekaligus penulis ternama Indonesia. Tak hanya itu Salim juga merupakan Guru Besar Ilmu Politik, seorang penulis, wartawan sekaligus salah satu pendiri majalah pers, pengamat militer dan asisten sutradara.

Dia pernah menempuh pendidikan Akademi Teater Nasional Indonesia (1964-1965), Fakultas Psikologi UI (1966-1967), Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (1977), dan meraih Ph.D. dari Ohio State University, Columbus, Amerika Serikat (1985).

Halaman:

Editor: Dwi Haryoto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah