Inilah Tips Membeli Asuransi untuk Para Pemula

- 15 Maret 2023, 13:06 WIB
Inilah Tips Membeli Asuransi untuk Para Pemula
Inilah Tips Membeli Asuransi untuk Para Pemula /

MataBangka.com -- Kesehatan merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia. Saat seseorang terkena sakit, sudah pasti akan kesulitan beraktivitas seperti biasanya. Meskipun begitu, kita tidak tahu ada kejadian apa di masa depan. Maka dari itu, salah satu cara menghindari hal-hal yang tidak diinginkan adalah membeli asuransi.

Dilansir Berita Ekonomi Keuangan Terbaru, Indonesia sendiri cukup banyak produk asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa contohnya seperti untuk proteksi diri, melindungi kesehatan, jiwa, keluarga, maupun kendaraan. Hal tersebut tentunya membuat kita bingung akan membeli asuransi yang mana. Maka dari itu, simak beberapa tips membeli asuransi pada pemula berikut ini.

1.     Lihat Reputasi Perusahaan Asuransi

Tips membeli asuransi pertama adalah perhatikan reputasi perusahaan asuransi yang kamu pilih. Asuransi jiwa mempunyai waktu pemakaian jangka panjang. Kamu harus mengecek apakah keuangan perusahaan tersebut stabil. Bahkan, periksa juga apakah perusahaan tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Lebih lanjut lagi, kamu juga bisa periksa perusahaan asuransi dari prosedur pendaftaran dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak. Kamu bisa mencari informasi mengenai kredibilitas perusahaan melalui media sosial, blog atau mencari review di Youtube.

2.     Pilih Premi Asuransi sesuai Kemampuan Finansial

Kemudian pilih produk asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Sebagian orang terkadang memiliki gaya hidup tinggi tanpa memikirkan masa depan. Oleh sebab itu, tidak jarang sebagian orang terjebak gaya hidup berlebihan dan lupa mempersiapkan masa depan.

Sebagai anak muda, ada baiknya kamu melakukan perencanaan keluarga yang baik. Kamu harus persiapkan perencanaan kesehatan dan jiwa agar tidak membebankan orang lain di masa depan. Kamu bisa membuat alokasi anggaran premi asuransi sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai premi asuransi justru mengganggu keuangan.

3.     Jangan Tunda Beli Asuransi

Sebagian orang, khususnya anak muda tidak membeli asuransi karena merasa tidak akan mendapatkan manfaat secara langsung. Jika kamu membeli produk asuransi di usia tua, maka harga preminya akan semakin mahal. Sebab, biasanya perusahaan asuransi mengharuskan medical check-up untuk mengecek kesehatan sebelum mendapatkan asuransinya.

Kondisi kesehatan juga dapat mempengaruhi harga premi produk asuransi. Oleh karena itu, pastikan kamu membeli produk asuransi pada umur yang masih muda sewaktu masih sehat.

4.     Pilih Produk Asuransi Sesuai Kebutuhan

Tips asuransi berikutnya bagi pemula adalah beli produk asuransi sesuai dengan kebutuhan. Terdapat banyak produk asuransi mulai dari Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, Asuransi Pendidikan hingga Asuransi Kendaraan. Pastikan kamu memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Halaman:

Editor: Syahrizal Fatahillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x