Kerugian Besar pada Dana Asing Dengan Kepemilikan di Ekuitas Sri Lanka

- 29 Juli 2022, 15:20 WIB
Orang-orang berdiri di samping tabung kosong mereka saat mereka menunggu dalam antrian untuk membeli gas memasak domestik, di tengah krisis ekonomi negara itu, di Kolombo, Sri Lanka pada 23 Juli 2022.
Orang-orang berdiri di samping tabung kosong mereka saat mereka menunggu dalam antrian untuk membeli gas memasak domestik, di tengah krisis ekonomi negara itu, di Kolombo, Sri Lanka pada 23 Juli 2022. /Reuters/Adnan Abidi

MataBangka.comReksa dana asing yang memiliki eksposur ke ekuitas Sri Lanka telah membukukan kerugian tajam dalam nilai aset bersih mereka tahun ini, mendorong manajer dana mereka untuk mencari cara untuk memangkas kepemilikan mereka dan beralih ke pasar alternatif.

Menurut Refinitiv Lipper, delapan dana luar negeri teratas yang memiliki eksposur ke Sri Lanka telah turun rata-rata 14,8 persen tahun ini. Itu jauh lebih baik daripada penurunan indeks CSE All-Share Sri Lanka sebesar 38 persen sejauh ini pada tahun 2022.

Kinerja YTD dana yang diekspos ke ekuitas Sri Lanka: https://tmsnrt.rs/3S7ST7V

Baca Juga: Empat Orang Tersangka Skandal Dana ACT Dicekal, Penyidik Khawatir Mereka Melarikan Diri

Tundra Sustainable Frontier Fund A SEK, yang memiliki sekitar 3,14 persen eksposur ke Srilanka, telah kehilangan 10,52 persen tahun ini, sementara Harvest Asia Frontier Equity J JPY Acc dan Holberg Rurik A masing-masing turun 9,6 persen dan 14,5 persen.

"Selama 2022, itu (eksposur Sri Lanka) telah berdampak negatif pada kinerja kami sekitar 3 persen (USD)," kata Mattias Martinsson, kepala investasi di manajer dana Swedia Tundra Fonder AB. "Pemilihan saham kami di Vietnam dan Indonesia telah membantu kami untuk mengungguli benchmark kami (MSCI FMxGCC Net TR) meskipun ada dampak negatif dari Sri Lanka," katanya.

Dana luar negeri yang memiliki saham di ekuitas Sri Lanka juga menghadapi arus keluar yang tajam dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Monumen Berlin Menjadi Gelap untuk Menghemat Energi

iShares MSCI Frontier dan Select EM ETF menyaksikan penjualan bersih senilai $50,12 juta di paruh pertama tahun ini, sementara Coeli Frontier Markets I SEK memiliki arus keluar senilai $19,6 juta.

Sri Lanka menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam tujuh dekade, tidak mampu membayar impor penting seperti bahan bakar dan obat-obatan karena kekurangan devisa yang parah.***

Halaman:

Editor: Syahrizal Fatahillah

Sumber: Channel News Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x