Mendagri Tito Karnavian Apresiasi Babel Terbaik Kendalikan Inflasi, Instruksikan Bentuk Tim Penanganan TBC

- 10 Juni 2024, 16:38 WIB
Berikut data perkembangan inflasi nasional pada bulan Mei, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terendah pertama se - Indonesia diangka 1,25 persen.
Berikut data perkembangan inflasi nasional pada bulan Mei, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terendah pertama se - Indonesia diangka 1,25 persen. /ist/ Diskominfo Babel/

MataBangka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang diikuti Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Bangka Belitung (Babel) yang dijabat Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Babel, Fery Afriyanto mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) membahas langkah kongkrit dalam pengendalian Inflasi di daerah tahun 2024, serta langkah percepatan penanggulangan Tuberkolusis (TBC), yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, pada Senin, 10 Juni 2024.

Mendagri Tito dalam paparan terkait kondisi Inflasi provinsi bulan Mei 2024, posisi Babel dengan tingkat Inflasi 1,25 persen berhasil menduduki posisi pertama provinsi dengan Inflasi terendah secara nasional.

Termasuk terkait perkembangan Indeksi Perkembangan Harga (IPH), yang mana berdasarkan data pada minggu pertama Juni 2024 menunjukkan angka IPH Provinsi Babel alami penurunan yang cukup signifikan, yaitu -2,35 persen.

Angka IPH tersebut adalah terendah secara nasional, yang menandakan stabil dan terkendalinya inflasi di Bumi Serumpun Sebalai.

"Babel ini sudah bagus, bulanannya baik, mingguannya juga yang terbaik," ujar Mendagri Tito.

Meski demikian, Mendagri meminta agar semua pihak tidak terlalu euforia, termasuk dalam memastikan stok atau ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat menjelang lebaran Idul Adha aman hingga pasca lebaran.

Di sisi lain, Mendagri juga menyoroti masih tingginya kasus TBC di Indonesia yang berada diangka 354 berbanding 100 ribu penduduk. Dimana angka ini masih jauh dari taget nasional, yakni sebesar 190 berbading 100 ribu penduduk.

"Hal yang menjadi atensi adalah penderita TBC didominasi oleh usia produktif. Penyakit ini menjadi potensi menjadi bahaya laten bagi generasi penerus bangsa," jelasnya.

Pelaksana Harian (Plh) Penjabat Gubernur Bangka Belitung sekaligus Penjabat Sekretaris Daerah Babel, Fery Apriyanto ketika memimpin rapat koordinasi sistem virtual bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.
Pelaksana Harian (Plh) Penjabat Gubernur Bangka Belitung sekaligus Penjabat Sekretaris Daerah Babel, Fery Apriyanto ketika memimpin rapat koordinasi sistem virtual bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Halaman:

Editor: Dwi Haryoto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah