Berikut 13 Butir Kesepakatan TPID di Bangka Belitung Hadapi Idul Adha

- 21 Juni 2023, 23:00 WIB
Menjelang Idu Adha TIPD Babel melaksanakan rapat koordinasi guna mengawasi komoditi guna menekan inflasi, Rabu, 21 Juni 2023.
Menjelang Idu Adha TIPD Babel melaksanakan rapat koordinasi guna mengawasi komoditi guna menekan inflasi, Rabu, 21 Juni 2023. /Ist/ Diskominfo Babel/

MataBangka.com. Bangka - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Mei 2023, inflasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), secara tahunan tercatat sebesar 2,41 persen, sementara angka inflasi secara bulanan tercatat 0,47 persen.

Menjelang hari raya Idul Adha yang tidak lama lagi, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Babel pun melakukan rapat koordinasi.

"Dari data tersebut, menjadikan Babel sebagai provinsi yang mampu menjaga inflasinya terbaik se-Indonesia selama dua bulan berturut-turut. Prestasi itu adalah berkat kerja keras semua stakeholder yang terlibat," ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu, Rabu, 21 Juni 2023.

Namun, dirinya tetap mewanti-wanti kepada para pemangku kepentingan, agar bisa menentukan langkah yang harus dilakukan menjelang Idul Adha terkait komoditi sebagai penyumbang inflasi bulanan.

"Diantaranya daging ayam ras, bawang merah, dan ikan ekor kuning, termasuk harga pakan ayam juga menjadi pengaruh terjadinya kenaikan harga yang menjadi salah satu penyumbang inflasi," ujarnya.

Menyikapi hal itu, dirinya memaparkan berbagai langkah sinergis, responsif, dan tepat sasaran dalam menyikapi potensi inflasi, khususnya bahan pokok.

Seperti penyampaian informasi terkait kondisi perkembangan harga komoditas bahan pokok di daerah, dan strategi serta upaya yang telah dan akan dilakukan oleh masing-masing TPID.

Tak lupa juga senantiasa melakukan upaya pemantauan secara berkala terhadap kecukupan stok barang kebutuhan pokok, serta terus mengembangkan sentra produksi komoditas tertentu yang bergejolak.

"Seperti bawang merah dan cabai agar dapat dikembangkan di wilayah Babel, sehingga mengurangi pasokan dari luar wilayah," jelas Suganda.

Halaman:

Editor: Dwi Haryoto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah