5.283 Korban Bencana Terdampak Cuaca Ekstrem dI Bangka Belitung Telah Mendapat Bantuan

- 6 Oktober 2022, 15:19 WIB
Ilustrasi Cuaca Ekstrem,
Ilustrasi Cuaca Ekstrem, /

MataBangka.com, Bangka - Sebanyak 1.060 bangunan rumah milik warga mengalami kerusakan akibat cuaca ekstrem di Bangka Belitung. 27 rumah mengalami rusak berat.

Demikian data Januari hingga Juni 2022 yang dihimpin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebanyak 5.283 jiwa korban bencana alam terdampak cuaca ekstrem di daerah itu.

"Kami mengimbau masyarakat lebih waspada, karena kondisi fenomena cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan terus berlangsung hingga akhir tahun ini," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan selama Januari hingga Juni 2022, Tim Reaksi Cepat BPBD Provinsi Kepulauan Babel telah menangani 93 kejadian bencana dampak cuaca ekstrim, seperti banjir, angin puting beliung, banjir rob, kebakaran dan kecelakaan kapal nelayan di laut.

"Kami bersama pemerintah daerah telah membantu korban, seperti makanan, air bersih dan bahan bangunan untuk meringankan beban para korban bencana alam ini," ujarnya.

Ia menjelaskan total korban bencana terdampak cuaca ekstrem ini mencapai 1.846 kepala keluarga (KK) atau 5.283 jiwa dan korban jiwa meninggal sebanyak delapan orang.

Sementara kerusakan bangunan akibat bencana alam ini sebanyak 1.060 bangunan dengan rincian 949 rusak ringan, 84 rusak sedang dan 27 rusak berat.

"Bencana alam banjir ini tidak hanya merusak 40 unit fasilitas umum, tetapi juga merusak lahan pertanian seluas 35 hektare," katanya.

Halaman:

Editor: Mitrya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x